Kamis, 04 April 2013

Aku dan Terjemahan Gambas

Bermula dari keinginan untuk belajar gambas dari dasar (karena aku bukan lulusan IT apalagi RPL), aku mencari beberapa tutorial berbahasa Indonesia yang lengkap, dan setelah searching dengan Google sulit sekali menemukannya, kalaupun ada ga lengkap. Akhirnya kucari yang berbahasa Asing (Inggris). Banyak sekali tutorialnya dari yang berbayar sampai yang gratis. Karena bingung yang mana, yang jelas yang berbayar tidak masuk katagori pilihan maklum......, akhirnya kudownload "A Beginner's Guide to Gambas – Revised for Version 3" yang ditulis oleh John W. Rittinghouse dan Jon Nicholson. Yang kunilai, layak untuk belajar bagi pemula. Namanya buku berbahasa Inggris, harus seksama membacanya, alhamdulillah Google menyediakan translate, kumanfaatkan itu untuk menterjemahkannya, tetapi tetap harus kuedit lagi.
Proses penterjemahanpun kulakukan dengan semangat aku harus bisa pemrograman Gambas, aku ingin keluar arus, dari Zona Pemrograman Visual Berbasis Windows ke Zona Pemrograman Visual Berbasis Linux. Dan tidak ada pikiran, jika sudah bisa mau diapakan ? Saat itu pokoknya aku harus bisa dan menunjukkan di Linux semuanya ada, tinggal kitanya mau belajar atau tidak ? mau menggunakannya atau tidak ? Mungkin itu suatu respon dari begitu maraknya pembajakan Software di Indonesia padahal masih ada pihak lain yang menyediakan secara gratis.
Halaman demi halaman mulai keterjemahkan, kadang bersemangat kadang ada masa jenuh, hal yang manusiawi. Akhirnya Bab 3 selesai. Kulewati Bab 1 dan Bab 2 karena pada waktu kupikir hanya sebagai pengantar saja.

Ketika jalan-jalan di dunia maya, aku bertemu rumah Master Gambas, aku masuk (maaf ga ketuk pintu, pak) membaca postingan menarik untuk Pemrograman Gambas dan disana kulihat beberapa pengunjung yang menanyakan tutorial gambas berbahasa Indonesia. Langsung teringat pada terjemahanku yang baru selesai 1 bab (Chapter 3) dan saat itu sedang mengerjakan Chapter 4. Sebelumnya aku meragukan hasil terjemahanku ini, khawatir ada yang komplain atau yang lainnya, pokoknya keraguanku kuat untuk mempublisnya, terus terang aku sama sekali ga paham pemrograman hanya punya semangat untuk bisa. Namun terinspirasi oleh Master Gambas yang berani mempublis ilmunya, maka ga ada salahnya aku mempublis terjemahanku. Kuputuskan untuk mempublisnya, melawan keraguanku, diterima atau tidak, ada komplain atau tidak, itu masalah nomor 20....30...dst. Yang penting sekarang aku bisa membantu orang lain yang membutuhkannya walaupun sedikit yang bisa kubantu. I do not care which is important to help.
Kesabaran dan ketelitianku disini benar-benar dilatih termasuk penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa pemrograman. Tanpa disadari aku belajar pemrograman, khususnya istilah-istilah dalam pemrograman termasuk algorithma pemrograman. Manfaat yang kunikmati dari ikhtiarku untuk menterjemahkan tersebut adalah waktu yang kupakai tidak sia-sia. Setiap malam menyempatkan 1 halaman atau 2 halaman diterjemahkan, ketika kuselesaikan 1 chapter ada perasaan yang sulit kuungkapkan, dan itu mendorongku untuk menikmati sensasi perasaan itu. Dan kubayangkan senangnya yang orang yang bisa kubantu dengan hasil terjemahan ini.
Kini beberapa chapter dari buku itu sudah diselesaikan; Chapter 3, Chapter4, Chapter5, Chapter 6, Chapter 7, Chapter 15 dan sekarang sedang menyelesaikan Chapter 8. Semoga Allah memberikan kesehatan dan kekuatan padaku agar bisa menuntaskan terjemahan buku itu. Sehingga kedepannya bagi yang membutuhkannya gak perlu download per chapter tapi sudah satu bundel.
Semangaaaaaat !!!

2 komentar: