Kamis, 04 April 2013

TINTA INI MENULISKAN TENTANG PERUBAHAN POLA PIKIRKU



Kuakui, aku pernah mengalami kelelahan mencari kehidupan duniawi, aku merasa cukup denga apa yang kumiliki, seorang istri yang setia dan dua orang anak, laki  dan perempuan. Aku lelah karena kehidupan ekonomiku belum beranjak membaik. Menginjak usiaku 30 tahun, tetapi keadaan ekonomiku kupandang tidak ada perubahan.
Kulihat tetanggaku, mereka sudah bisa merenovasi rumah mereka. Bertahun-tahun belum kurenovasi rumahku, hanya perbaikan kecil saja yang kulakukan. Aku hanya berharap dan berharap keadaan akan membaik pada akhirnya. Seringkali kulihat anak-anakku ketika tidur, selalu kuingat apa yang menjadi keinginan mereka dan sampai sekarang belum kupenuhi.
Aku seorang guru swasta/honorer yang sulit sekali keluar dari lingkungan itu. Banyak keraguan dan alasan ketika akan membuka usaha lain selain mengajar. Banyak guru dilingkunganku, tetapi mereka mampu membeli minimal sepeda motor, sedangkan aku !?
Selalu ada keinginan untuk merubah keadaan keluargaku menjadi lebih baik secara ekonomi, tapi darimana aku harus memulainya ? Itu selalu kupertanyakan kepada diri.
Mungkin karena aku terlalu banyak bertanya tanpa mengambil tindakan, beginilah kehidupanku....tidak perubahan.

Kini, semangatku bangkit lagi. Kini pertanyaan itu harus dijawab dan tunda pertanyaan baru. Aku harus merubah pola pikirku selama ini. Aku harus mulai proaktif tidak hanya aktif apalagi pasif menunggu kebijakan pimpinan. Aku harus mulai berani memunculkan ide-ideku, menjalin hubungan dengan orang-orang berpengaruh, menjalin hubungan dengan orang-orang yang berhasil dalam usahanya dan....berani untuk menerima penolakan dari orang lain. Kuakui ketakutanku yang paling sangat dalam diri adalah adanya penolakan dari orang lain.

Aku mulai mencari peluang untuk berbisnis tanpa meninggalkan pekerjaanku yang selama kutekuni dan memang aku menikmati pekerjaan. Aku mulai merambah keterampilan baru yang bisa kujual, kini kutekuni teknik komputer dan alhamdulillah untuk beberapa kasus komputer tertentu dapat kutangani dengan baik. Setelah itu, mulai kurambah dunia jaringan komputer, disini aku tertarik Sistem Operasi Linux. Sistem Operasi yang freeware dan terbuka. Disini timbul pertanyaan, bagaimana mereka bisa bertahan dan berkembang ? Sementara produk mereka di gratiskan. Ternyata disini ada cara berbisnis yang lain. Dari sini dapat kutangkap maknanya, aku harus berani keluar dari lingkaran yang mapan atau aman. Aku harus mencari jalan lain yang lebih baik.
Sekarang, kondisiku mulai membaik terutama dari sisi pendapatan. Beberapa ideku mulai diterapkan dan ini mendongkrak prestasi kerjaku dan posisiku. Disini kutekankan, aku berusaha mencapai yang terbaik, terlepas dari berapa finansial yang kuterima ataupun jabatanku. Aku hanya berpikir dan bekerja untuk menjadi yang terbaik. Urusan rejeki, Allah yang mengaturnya. Kuyakin,”Allah akan memberikan yang terbaik selama kita memberikan yang terbaik untuk orang lain dan diri sendiri”. Dengan do’a dan ikhtiar, Allah akan memberikan cara yang terbaik untukku dan , kuyakin kehidupanku akan lebih baik.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar